Selasa, 30 Oktober 2012

bahasa indonesia


Bahasa ku, identitas ku

Bahasa bukan saja sebagai alat komunikasi antar individu, kelompok atau pun Negara. Namun juga bahasa  sebagai identitas suatu Negara, karena disetiap Negara pasti mempunyai ciri khas bahasa nya sendiri , begitu pun dengan indonesia. Namun sangat disayangkan bahasa indonesia sekarang sudah mulai ditinggalkan oleh masayarakat indonesia nya sendiri. Karena perkembangan zaman masyarakat mengganggap bahwa bahasa indonesia terlalu kaku bahkan ketinggalan zaman untuk di gunakan di kegiatan sehari-hari. Muncul nya bahasa-bahasa baru yang diangggap modern dan lebih gaul tambah membuat masyarakat mulai menggunakan bahasa tersebut, padahal bahasa tersebut bukan bahasa indonesia yang baik dan benar.
Masayarakat indonesia lebih menggangap bahasa asing lebih asik untuk digunakan dari pada bahasa nya sendiri, karena mereka mengganggap bahasa asing lebih modern daripada bahasa indonesia, terlebih setiap elektronik pun mulai menggunakan peraturan atau arahan-arahan pengguna nya menggunakan bahasa asing atau English. masayarakat indonesia sendiri sudah mulai mengabaikan bagaimana cara berbicara bahasa indonesia yang baik.masyarakat indonesia malah beranggapan bahwa jika ia tidak menguasai bahasa asing, mereka tidak bisa berkerjasama dalam bisnis dengan perusahaan-perusahaan ternama yang kemungkinan  persyaratan nya  yang dianggap wajib mengusai bahasa asing. Padahal orang di Negara lain sengaja belajar dan mengenal bagaimana bahasa indonesia yang baik.keadaan ini sungguh saat terbalik.  Jika orang dari Negara  orang lain saja mau dan ingin  belajar bahasa indonesia yang baik lalu kemana masyarakat indonesia yang hanya tinggal mengembangkan dan melestarikan bahasa nya sendiri ?  sudah setidak pedulikah itu ?jika melihat keadaan yang terjadi seperti nya IYA .
Terlebih tergeser nya bahasa indonesia juga disebabkan oleh masuk nya bahasa tetangga, yaitu seperti bahasa Malaysia, bahkan acara-acara anak kecil pun mulai menggunakan bahasa tetangga tersebut. Padahal di usia nya yang saat dini itu, anak harus lebih dikenalkan dengan bahasa indonesia yang baik agar kelak meraka dapat lebih mengerti tentang bahasa nya sendiri. Namun jika seperti ini keadaan nya lalu siapa yang harus disalahkan ? Negara kah ? . Semua keadaan ini terjadi karena kurang nya perkenalan bahasa  indonesia yang baik dan benar di usia dini dan masyarakat yang mulai menyepelekan bahasa indonesia . namun jika terus begini bahasa indonesia bisa sirna dan di gantikan oleh bahasa-bahasa baru. Untuk itu sangat disayangkan jika masyarakat indonesia tidak menggunakan dan melestarikan bahasa indonesia dengan baik dan benar karena bahasa adalah sebagai identitas suatu negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar